Thursday, January 26, 2017

Membuat blog tampil di laman pertama agar menjadi rujukan di SEO google atau yahoo dll

Blog yang sudah kita buat tidak langsung dapat menjadi rujukan di halaman teratas pada mesin telusur/search engine optimization (SEO). Oleh karena itu, penting untuk memilih tema atau judul blog yang sesuai dengan keahlian kita untuk dituangkan dalam bentuk tulisan. Seperti saya misalnya, saya dosen kimia, dan kegiatan hari-hari adalah mengajar kimia, saya memilih topik yang sesuai dengan keahlian saya, misal saya buat tema/judul blog "pembelajaran kimia.era digital"

Kita perlu membuat deskripsi blog atau meta dengan kalimat yang mengandung kata "pembelajaran kimia". Kita juga perlu membuat tulisan yang akan kita jadikan ide/gagasan yang akan dirujuk oleh pengunjung blog. Misal saya punya ide tentang kampus digital, pembelajaran dengan media digital, maka saya buat laman khusus yang berisi tentang ide atau gagasan tersebut.

Kita setting basic nya demikian


Pada search preference kita edit meta tags dengang memasukan kata kunci tadi dalam deskripsi


Kemudian jadikan tulisan ide/gagasan utama yang kita buat tadi sebagai laman utama agar dapat menjadi rujukan. Caranya
1. tampilkan laman utama
2. copy alamat laman utama seperti berikut

3. setting>search preferences>customs redirects>edit

pada kolom from ketik tanda /
pada kolom to pastekan alamat yang di copy tadi

save, selesai.

Nah ini contohnya punya saya setelah dua bulan berjalan
dengan kata kunci pencarian "pembelajaran kimia" tulisan saya sudah tampil di halaman pertama dari 504.000 hasil pencarian.


dengan kata kunci "kampus digital" juga masuk halaman pertama dari 540.000 hasil pencarian.


0 comments:

Post a Comment