Wednesday, January 18, 2017

Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Blog

Sebelum kita memulai mengembangkan media pembelajaran berbantuan blog, alangkah baiknya terlebih dahulu kita belajar tentang blog itu sendiri. Kita harus sudah terbiasa dengan internet, email, dan browsing menggunakan SEO seperti google.co.id atau yahoo.co.id, dll.

Blog adalah singkatan dari weB log yang merupakan bentuk dari aplikasi web dapat berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian karena bisa disetting oleh admin web tersebut.

Salah satu blog yang terkenal dan gratis adalah blogspot.com atau blogspot.co.id untuk blogger Indonesia. Namun dapat juga menggunakan wordpress.com yang juga gratis. Keduanya memiliki perbedaan, tetapi sama mudahnya jika sudah menguasainya. Saya anjurkan pilih salah satu saja dulu untuk belajar.

Di sini saya akan memulainya dengan blogspot.com atau blogspot.co.id. Pertama kita harus memiliki email, jika belum memiliki email, kita harus membuatnya terlebih dahulu. Baca cara buat email. Membuat email tidak sulit, mungkin hanya butuh waktu 1-2 menit saja, jika internetmu tidak lelet. he..he..

Nah, setelah selesai membuat email, sekarang kita sudah siap untuk membuat blogspot.com milik kita sendiri. Membuat blog juga tidak sulit, hanya butuh waktu 2-5 menit saja sudah termasuk postingan pertama, jika sudah ada materi untuk diposting maksudnya untuk dimuat di laman blog kita buat. Langsung saja ke TKP, baca cara membuat blog.

Langkah selanjutnya adalah yang sedikit rumit dan agak sulit, tapi jika sudah terbiasa juga jadi mudah untuk kita. Kita harus sedikit paham dengan yang namanya html, edit html, tapi jangan kuatir untuk pemula seperti kita ada gurunya yaitu mbah google. Kita dapat menggunakan secara langsung yang sudah tersedia. Jadi kita tidak perlu repot belajar bahasa program yang rumit, dan sulit untuk pemula seperti kita.

Pada dashboard blogger kita terdapat menu-menu yang dapat diatur. Sebaiknya kita pelajari dan pahami dulu setiap menu yang ada di dashboard blogger tersebut. 

Jika kita ingin mengubah template. Klik pada menu template, pilih template yang kita suka sesuai selera. Namun ada cara sederhana untuk memodifikasi template. Terlebih dahulu download template yang kita suka.

Pada menu template terdapat menu pilihan "backup/restore". Nah, di sini kita mulai merubah templete dengan template yang kita download tadi.






1 comment: